Mengelola Komentar di blogspot/blogger

Kali ini postingan tentang pengelolaan komentar, bagi  seorang blogger fitur komentar di blog merupakan hal yang penting. Ada yang ingin siapapun bebas berkomentar termasuk anonim maupun spam, ada yang ingin menyingkirkan komentar yang berbau spam dengan menambah captcha, ada yang ingin membatasi komentar khusus yang beridentitas, dan ada pula yang ingin tidak ada komentarnya.


Untuk hal tersebut sudah dibahas pada postingan sebelumnya:
1. Setelan Komentar
2. Setelan Komentar pada post/entri

Sedangkan pada bahasan ini adalah mengenai pengelolaan komentar, yaitu komentar yang masuk dari visitor.
Ok, langsung saja lihat menu, dan pilih komentar.





Nah disana sudah ada komentar-komentar. Baik yang dimoderasi, diterbitkan dan spam. Nah untuk komentar yang ingin dihapus dengan ada jejaknya, maka pilih "Hapus Konten", seperti inilah tampilannya jika ingin ada jejaknya.



sedangkan jika ingin menghapus total komentar tanpa jejak pilih "Hapus" saja, untuk yang dianggap spam dan suatu saat pengen lihat spamnya lagi ya pilih spam.


Tapi biar spamnya gak penuh ya dihapus saja. :), Lalu untuk menghapus beberapa komentar sekaligus. Centang saja komentar yang diinginkan.

Kemudian eksekusi saja. :), oya didalam menu komentar ini ada sub menu "Diterbitkan", "Spam", atau "moderasi" Pilih saja mana yang ingin dikelola.

Selain itu, untuk menghapus komentar bisa langsung di halaman pos/entri anda, cukup lihat mana komentar yang akan dihapus, cari tanda silang, atau icon tempat sampah (ini tergantung template yang anda gunakan), klik saja itu.



Nanti akan muncul seperti ini:

Tekan saja delete comments, tapi nanti ada bekas keteranganya, jika ingin dihapus total tanpa keterangan, centang . Remove Forever. Lalu tekan delete comments, selesai, deh. Btw jika komentar tersebut di reply oleh beberapa orang, maka komentar yang mereply juga akan ikut terhapus.


Oke itu saja tentang pengelolaan komentar. :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »