Menggunakan statistik statcounter untuk blogspot/blogger

Bagi pengguna blogger/blogspot untuk melihat statistik atau riwayat pengunjung yang datang di blog kita, sudah disediakan fitur tersebut oleh google blogspot/blogger. Akan tetapi statistik tersebut hanya secara "summary" saja tidak ada detail terperinci. Nah untuk dapat mengetahui rincian pengunjung yang datang, dia membuka situs apa, datang dari mana, buka link apa, tentu tidak bisa mengandalkan statistik standar dari blogger/blogspot. Nah salah satu alternatif adalah menggunakan statistik pihak ketiga, salah satunya adalah "Statcounter".
Statcounter ini bersifat gratis, dan log rincian yang dapat dilihat adalah maksimum 500 log visitors. Angka total visitor tetap bertambah, hanya rincian view saja yang dibatasi.

Silahkan signup dulu di Statcounter.com untuk menggunakan statcounter.
Isikan username, email address, nama , dan password.Lalu buka "Create Account". Selanjutnya isikan saja data mengenai website kita yang ingin dipasangi statcounter.
Opsi "Make Statistic Public" centang saja jika riwayat situs anda dapat dilihat publik, tapi disarankan tidak perlu ditampilkan, karena bisa diintip oleh kompetitor. Kalau ingin menampilkan cukup pakai "counter/button" tinggal pilih saja visible counter atau statcounter button. Lalu klik update project, nah akan ada code, tinggal dimasukan saja di widget HTML pada blogger/blogspot.

Selesai, deh. Tinggal tunggu aktivitas traffic, dan silahkan login ke dashboard statcounter.
nanti akan ada list blog/situs yang tadi dibuat.

Kemudian buka saja project statistik yang telah dibuat tadi. Selanjutnya anda bisa melihat detail traffic yang ada disitus/blog anda. :)
Misal mau lihat asal traffic, buka "came from" , halaman masuk "entry pages", halaman terakhir keluar "entry pages", analisis keyword "Keyword analysis", lama pengunjung baca web "visit length", browser yang digunakan "browser" dan lain-lain. Silahkan diexplore sendiri.:)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »